Kamis , Februari 22 2024
URL Adalah

URL Adalah ? Ini Penjelasan Dan Manfaatnya Untuk SEO

Kamu mungkin sudah tahu bahwa URL adalah identik dengan alamat web. URL merupakan sebuah informasi yang kamu ketik di bilah pencarian web browser untuk membuka situs web tertentu. Setiap halaman di internet memiliki URL sendiri. Membuka file di lokal komputer, mungkin semudah mengklik dua kali. Tetapi untuk membuka file di komputer jarak jauh, seperti server web kita harus menggunakan URL. Sehingga browser web kita tahu ke mana harus mencari. Berikut panduan singkat tentang apa itu URL dan manfaatnya untuk SEO

Pengertian URL

Apa itu URL ? Nah, kepanjangan URL adalah Uniform Resource Locator. URL merupakan cara mengidentifikasi lokasi file di internet. Itu yang di gunakan untuk membuka hanya situs web dan juga untuk mengunduh gambar, video, aplikasi dan jenis file lain yang berada dihosting server. URL ( Uniform Resource Locator ) berfungsi untuk memberikan informasi tentang halaman web yang pengguna ketikan pada web browser web.

URL terdiri dari beberapa bagian, sebagai berikut :

  • Protokol

Biasanya baik http:// atau https:// ini mngharukan setiap web browser untuk mencantumkan protokal di depan alamat web. Namun, sekarang web browser modern tidak lagi mengharuskan kamu mengetik protokol. Setelah kamu memasukan nama domain dan menekan Enter, protokol itu akan terisi sendiri.

  • Domain

Ini adalah bagian tingkat tertinggi dari sebuah URL, Domain di anggap sebagai tempat halaman web disimpan. Pada kenyataannya, domain menjadi indentitas dari sebuah website. Maka gunakanlah nama domain yang mudah di ingat agar pengguna bisa dengan mudah mengetiknya.

  • Path

Path di anggap sebagai struktur folder pada situs web, jadi setiap browser mengetahui subfolder mana untuk menemukan halaman web tersebut dengan bantuan Path.

  • Webpage

Ini adalah bagian terakhir dari URL dan merupakan halaman khusus yang pengguna minta. Webpage umumnya adalah nama file halaman yang sebenarnya seperti yang disimpan di komputer domain.

Sebuah URL menyembunyikan banyak kerumitan, dan berjalan di background tanpa di ketahui oleh pengguna. URL adalah stand-in yang mudah digunakan untuk alamat IP. Yang merupakan serangkaian karakter yang berfungsi sebagai lokasi aktual halaman web di internet. Saat kamu memasukkan URL ke browser web, browser kamu kemudian mencari alamat IP nama domain menggunakan alat yang disebut Domain Name Server (DNS). DNS seperti buku telepon yang digunakan oleh setiap browser web.

Bagaimana Struktur URL

Sebuah URL dapat dipecah menjadi bagian yang berbeda, masing-masing bagian melayani tujuan tertentu saat mengakses file pada website. URL pada protokol HTTP dan FTP memiliki struktur yang sama, seperti contoh ini protocol://hostname/fileinfo.

Jika kamu ingin mengakses file FTP dan URL-nya mungkin terlihat seperti ini :

FTP://namaserver/folder/folder lain/detail program.docx

Dan selain memiliki FTP, struktur URL HTTP juga terlihat mirip. Dan mungkin kamu pernah menemukannya di salah satu website. Mari gunakan contoh URL dengan alamat HTTP dan mari kita identifikasi setiap bagiannya.

https://security.xabiamedia.com/2018/01/URL-adalah.html

Berikut detial penjelasannya :

  • Https adalah protokol yang menentukan jenis server yang kamu gunakan untuk berkomunikasi.
  • Security adalah nama host yang digunakan untuk mengakses situs web ini
  • Xabiamedia adalah nama domain
  • Com adalah apa yang disebut sebagai domain tingkat atas (TLD), beberapa di antaranya termasuk .net, .org, .co.uk, dll. Dan extensi .com adalah yang paling umum dan paling banyak di gunakan saat ini
  • /2018/01/ mewakili direktori yang digunakan untuk mengatur halaman web atau file. Ini akan menjadi folder sebenarnya yang akan menunjukan file yang di inginkan
  • URL-adalah.html merupakan file yang ditunjuk oleh URL. Jika kamu mencoba memuat gambar, file audio, atau jenis file lain, maka itu adalah ekstensi file tersebut ( seperti halnya PNG atau MP3 )

Manfaat URL Untuk SEO

URL Adalah, manfaat untuk SEO

URL adalah teks yang dapat dibaca pengguna dan dirancang untuk menggantikan angka (alamat IP) yang digunakan komputer untuk berkomunikasi dengan server. Mereka juga mengidentifikasi struktur file di situs web yang diberikan. URL juga berisi hal-hal seperti folder atau subfolder tertentu yang ada di situs web. Parameter apa pun yang mungkin disimpan di URL, memungkinkan pengunjung untuk memahami tujuan dari alamat URL.

Setidaknya ada 3 manfaat utama URL untuk SEO, sebagai berikut :

1. Improved User Experience

URL yang dibuat dengan baik memberikan pengguna dan mesin pencari akan mudah memahami tentang halaman tujuan. Misalnya, URL xabiamedia.com maka ini secara semantik akan menjelaskan tujuannya secara akurat dan menuju ke halaman website yang diminta. Meskipun tag judul laman ini disembunyikan, URL yang dapat dibaca pengguna dan akurat secara semantik akan tetap di arahkan ke laman tujuan.

Ini berarti, alamat URL yang baik akan memberikan improved user experience atau pengalaman pengguna yang lebih baik, dan akan menjelaskan apa yang akan mereka lakukan. Dengan begitu pengguna akan mengklik link tersebut dan menemukan apa yang ingin mereka cari. Disi lain Google semakin sering memunculkan nama URL paling mirip dengan apa yang di ketik pengguna di hasil pencarian.

2. Rankings

URL adalah faktor peringkat minor yang digunakan mesin telusur saat menentukan relevansi laman atau sumber daya tertentu dengan kueri penelusuran. Meskipun mereka memberi bobot pada otoritas keseluruhan domain itu sendiri, kata kunci yang digunakan dalam URL juga dapat bertindak sebagai faktor peringkat di halaman pencarian.

Meskipun menggunakan URL yang menyertakan kata kunci dapat meningkatkan visibilitas pencarian situs kamu, URL itu sendiri umumnya tidak berdampak besar pada kemampuan halaman untuk menentukan peringkat. Jadi, perlu dipikirkan, jangan membuat URL yang tidak berguna hanya untuk menyertakan kata kunci di dalamnya.

3. Links

Dalam keadaan darurat, URL yang ditulis dengan baik dapat berfungsi sebagai teks tautannya sendiri saat disalin dan ditempel sebagai tautan di forum, blog, jaringan media sosial, atau tempat online lainnya. Jadi, usahakan membuat nama URL yang menjelaskan isi dan informasi detail tentang topik dan keyword.

Cara Membuat URL Untuk SEO

Beberapa situs seperti Facebook, mungkin menyingkat alamat URL yang terlalu panjang. Karena, URL yang tidak dioptimalkan dan tidak akurat secara semantik dapat terlihat berat, alih-alih mendapat klik. Justru URL tersebut bisa di anggap spam dan tidak menarik. URL yang dapat dibaca pengguna bisa memberi informasi relevan kepada pengguna. Sehingga, mereka tau apa yang akan mereka dapatkan ketika mereka mengeklik tautan.

Berikut beberapa cara membuat URL untuk SEO agar meningkatkan klik pada halaman website, di antaranya :

  • Membuat URL Lebih Relevan

Dengan kamu membuat nama URL dengan relevan dan memasukan keyword, maka itu akan menarik pengguna dan akan membuat mesin telusur bisa dengan cepat memahaminya. Meskipun URL dapat menyertakan kode angka, sebaiknya gunakan kata-kata yang dapat dipahami pengguna dengan baik.

  • URL Harus Definitif

Selanjutnya kamu harus membuat URL lebih ringkas dan definitif. Dengan hanya melihat URL, pengguna dan mesin telusur akan dengan mudah mengerti dan merasa menemukan jawaban dari apa yang di cari.

  • Readability

Ini artinya URL yang kamu buat harus mudah dibaca, gunakan keyword untuk memisahkan kata. URL tidak boleh menggunakan garis bawah, spasi, atau karakter lain untuk memisahkan kata.

  • Gunakan Huruf Kecil

Dalam beberapa kasus, huruf besar dapat menyebabkan masalah dengan halaman duplikat. Jadi gunakan huruf kecil agar tidak menimbulkan masalah dengan konten duplikat.

  • Hindari URL Parameters

Terakhir hindari URL parameters jika memungkinkan, karena ini dapat menimbulkan masalah dengan pelacakan dan duplikat konten.

Kesimpulan

URL memberikan cara mudah bagi pengguna untuk mengakses alamat IP server tanpa perlu mengetahui alamat sebenarnya. Itu seperti nama yang mudah diingat untuk situs web favorit kamu. Terjemahan dari URL ke alamat IP inilah yang digunakan untuk server DNS. Berikut beberapa pertanyaan mengenai URL, diantaranya

Bisakah saya memblokir URL ?

Ya bisa, cara kamu memblokir situs web bergantung pada perangkat dan sistem operasi yang kamu gunakan. Sebagian besar browser web memungkinkan memblokir situs tertentu, dan kamu bisa dapat memblokir URL di seluruh jaringan melalui pengaturan router.

Apa itu vanity URL ?

Vanity URL adalah URL pendek dan mudah diingat dan kompleks. Untuk membuat vanity URL, gunakan pemendek URL yang menawarkan domain khusus, seperti bit.ly dan sebagainya.

Apa itu callback URL ?

Callback URL merupakan halaman tempat pengguna dialihkan setelah menyelesaikan tindakan di situs web. Misalnya, jika kamu melakukan pembelian di situs web dan diarahkan ke pemroses pembayaran pihak ketiga. Nah inilah yang namakan dengan callback URL.

Demikian pembahasan yang bisa admin berikan mengenai URL dan manfaatnya untuk SEO. Semoga artikel di atas bisa menginspirasi kamu. Jangan lupa untuk membaca artikel lain seperti, apa itu Firewall dan apa saja tipe-tipe jaringan yang banyak di gunakan saat ini.

Check Also

Firewall Adalah ? Ini Pengertian, Jenis Dan Fungsinya

Dengan meningkatnya jumlah kejahatan dunia maya setiap hari, pengguna internet baik perseorangan dan perusahaan harus …