Jumat , Mei 24 2024

Firewall Adalah ? Ini Pengertian, Jenis Dan Fungsinya

Dengan meningkatnya jumlah kejahatan dunia maya setiap hari, pengguna internet baik perseorangan dan perusahaan harus mengamankan data dan informasi mereka. Namun, ada banyak tantangan untuk menerapkan hal tersebut. Firewall adalah salah satu perangkat keamanan yang dapat membantu kamu melindungi jaringan dan perangkat dari ancaman pihak tak bertanggung jawab. Dalam artikel ini mari kita bahas semua yang perlu diketahui tentang firewall dan bagaimana firewall berfungsi sebagai perisai untuk melindungi jaringan internet kamu.

Apa itu Firewall

Pengertian Firewall sendiri adalah cara untuk mencegah akses tidak sah ke jaringan melalui perangkat lunak atau firmware. Dengan memanfaatkan teknologi terkini, firewall akan memeriksa dan memblokir lalu lintas yang masuk dan keluar. Firewall sama halnya dengan memagar properti dan melindungi rumah kamu dari penyusup dan pencuri. Singkatnya Firewall digunakan untuk mengamankan jaringan komputer.

Menurut wikipedia, Firewall adalah sistem keamanan jaringan yang mencegah akses tidak sah ke jaringan internet. Itu bisa berupa unit perangkat keras atau perangkat lunak yang memfilter lalu lintas masuk dan keluar dalam jaringan pribadi, untuk mengenali dan mencegah serangan siber.

Firewall di rekomendasikan untuk digunakan dalam jaringan intranet perusahaan dan jaringan internet pribadi. Teknologi ini merupakan komponen penting dari keamanan jaringan. Sebagian besar sistem operasi memiliki firewall bawaan dasar. Namun, menggunakan aplikasi firewall pihak ketiga memberikan perlindungan yang lebih baik.

Mengapa Firewall Penting

Firewall dirancang dengan teknik keamanan modern yang digunakan dalam berbagai platform. Pada masa-masa awal internet, jaringan perlu dibangun dengan teknik keamanan baru, khususnya pada model client-server. Dari situlah firewall mulai membangun keamanan untuk jaringan dengan berbagai kompleksitas. Firewall dikenal untuk memeriksa lalu lintas dan mengurangi ancaman dari pihak luar terhadap perangkat yang di gunakan.

Fungsi FireWall

Fungsi yang paling penting dari firewall adalah membuat perbatasan antara jaringan eksternal dan jaringan yang dijaga di mana firewall memeriksa semua paket yang masuk dan keluar dari jaringan yang dijaga. Setelah pemeriksaan selesai, firewall dapat membedakan antara paket jinak dan berbahaya dengan bantuan code keamanan yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

Firewall mematuhi paket-paket seperti itu, apakah mereka datang dalam kumpulan aturan atau tidak, sehingga mereka tidak boleh masuk ke dalam jaringan yang dijaga. Informasi bentuk paket ini mencakup sumber informasi, tujuannya, dan isinya. Firewall membaca paket-paket ini dan mereformasinya terkait aturan untuk memberi tahu protokol ke mana harus mengirimnya.

Bagaimana Cara Kerja Firewall

firewall adalah

Seperti disebutkan sebelumnya, firewall memfilter lalu lintas jaringan dalam jaringan pribadi. Ini menganalisis lalu lintas mana yang harus diizinkan atau dibatasi. Firewall seperti penjaga gerbang di titik masuk komputer, yang mana hanya mengizinkan sumber tepercaya, atau alamat IP valid untuk memasuki jaringan Anda.

Firewall hanya menyambut lalu lintas masuk yang telah dikonfigurasi untuk diterima. Ini membedakan antara lalu lintas yang baik dan berbahaya dan mengizinkan atau memblokir paket data tertentu pada aturan keamanan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Aturan-aturan ini didasarkan pada beberapa aspek yang ditunjukkan oleh data paket, seperti sumber, tujuan, konten, dan sebagainya. Mereka memblokir lalu lintas yang berasal dari sumber yang mencurigakan untuk mencegah serangan siber.

Jenis-Jenis Firewall

Firewall dapat berupa perangkat lunak atau perangkat keras. Firewall perangkat lunak adalah program yang diinstal pada setiap komputer, dan mereka mengatur lalu lintas jaringan melalui aplikasi dan nomor port. Sementara itu, firewall perangkat keras adalah peralatan yang dibuat antara gateway dan jaringan.

Ada beberapa jenis firewall berdasarkan metode, struktur, dan fungsionalitas sebagai penyaringan lalu lintasnya. Beberapa jenis firewall adalah:

1. Packet Filtering

Packet Filtering adalah paket yang mengontrol aliran data ke dan dari jaringan. Itu mengizinkan atau memblokir transfer data berdasarkan alamat sumber paket, alamat tujuan paket, protokol aplikasi untuk mentransfer data, dan sebagainya.

2. Proxy Service Firewall

Firewall jenis ini melindungi jaringan dengan memfilter pesan pada lapisan aplikasi. Untuk aplikasi tertentu, firewall proxy berfungsi sebagai pintu gerbang dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Selain itu firewall juga akan memeriksa DNS atau IP addres yang di akses oleh pengguna pada we browser.

3. Stateful Inspection

Stateful Inspection ini akan mengizinkan atau memblokir lalu lintas jaringan berdasarkan status, port, dan protokol. Di sini, ia memutuskan pemfilteran berdasarkan aturan dan konteks yang ditentukan administrator.

Keuntungan Menggunakan Firewall

Menurut definisi Gartner, firewall adalah teknologi inspeksi yang dirancang untuk keamanan data. Selain itu Firewall akan menginspeksi tingkat aplikasi, pencegahan intruksi ilegal dan pemblokiran port atau protokol. Sekarang mari kita lihat keuntungan menggunakan firewall :

  • Firewall memainkan peran penting dalam perusahaan untuk manajemen keamanan
  • Teknonlogi ini akan memberikan keamanan dan privasi.
  • Firewall mencegah pengguna yang tidak sah mengakses jaringan pribadi yang terhubung ke internet.
  • Berguna untuk meningkatkan waktu respons yang lebih cepat dan dapat menangani lebih banyak beban lalu lintas internet.
  • Firewall memungkinkan untuk memperbarui protokol keamanan dari satu perangkat resmi.
  • Berguna untuk melindungi jaringan dari serangan phishing.

Next Generation Firewalls (NGFW)

Next Generation Firewalls, firewall adalah

Next-Generation Firewalls digunakan untuk memeriksa paket pada tingkat TCP/IP. Ini memungkinkan mereka mengidentifikasi aplikasi seperti Skype, atau Facebook dan menerapkan kebijakan keamanan terkait jenis aplikasi. Next Generation Firewalls (NGFW) juga mencakup teknologi sandboxing, dan teknologi pencegahan ancaman seperti sistem pencegahan intrusi (IPS), atau antivirus untuk mendeteksi dan mencegah malware.

Berikut beberapa manfaat menggunakan Next Generation Firewalls (NGFW), di antaranya :

  • Mengantisipasi Insider Attacks

Insider AttacksĀ melibatkan aktivitas seperti transmisi data sensitif dalam teks biasa, akses sumber daya di luar jam kerja, kegagalan akses sumber daya sensitif oleh pengguna, akses sumber daya jaringan pengguna pihak ketiga, dll.

  • Distributed Denial of Service (DDoS) Attacks

Distributed Denial of Service (DDoS) Attacks adalah upaya jahat untuk mengganggu lalu lintas normal jaringan target dengan membanjiri target dengan trafik palsu. Serangan ini dapat berasal dari sumber yang tampaknya sah yang memerlukan pemeriksaan silang dan audit dari beberapa komponen keamanan.

  • Perlindungan Malware

Ancaman malware biasanya sulit karena sifatnya yang bervariasi, kompleks, dan terus berkembang. Sekarang ini, dengan munculnya IoT, jaringan menjadi lebih kompleks dan dinamis. Sehingga teknologi seperti firewall ini akan sangat bermanfaat untuk bertahan dari malware.

  • Menghindari Patching

Patching adalah serangan yang bisa merusak keamanan jaringan. Oleh karena itu, admin TI harus sangat proaktif terkait pemeliharaan komponen keamanan mereka dengan bantuan Firewall.

Kesimpulan

Di penghujung ulasan mengenai apa itu firewall, setidaknya kamu telah memahami pengertian firewall dan cara kerjanya. Kamu juga telah mempelajari berbagai jenis firewall. Cybersecurity adalah bidang yang berkembang pesat di zaman sekarang. Jika kamu ingin memiliki jaringan yang aman, gunakan Firewall dan AntiVirus untuk mengamankan data juga informasi yang berada di dalam perangkat yang kamu gunakan.

FAQ Tentang Firewall

Bagaimana Firewall Berguna Dalam Keamanan Jaringan ?

Firewall adalah mekanisme keamanan yang mencegah akses yang tidak diinginkan ke data pribadi di jaringan internet. Firewall juga melindungi sistem dari malware berbahaya dengan membuat penghalang antara jaringan internal tepercaya dan jaringan eksternal yang tidak tepercaya.

Apa Perbedaan Antara Firewall Dan AntiVirus ?

Firewall dapat melindungi perangkat lunak dan perangkat keras di jaringan, sedangkan antivirus dapat melindungi perangkat lunak lain. Firewall mencegah perangkat lunak berbahaya mengakses sistem, sedangkan antivirus menghapus file berbahaya dari perangkat dan jaringan Anda.

Bagaimana cara kerja firewall ?

Firewall melindungi jaringan dengan bertindak sebagai filter, memeriksa data yang berusaha memasuki jaringan dan memblokir apa pun yang tampak mencurigakan. Serta memeriksa keamanan URL yang pengguna ketikan,

Apa Tujuan dari Firewall ?

Firewall mempertahankan komputer atau jaringan kamu dari penyerang dengan memfilter lalu lintas jaringan yang berbahaya atau berlebihan. Firewall juga dapat mencegah malware berbahaya mendapatkan akses ke komputer atau jaringan melalui internet.

Check Also

URL Adalah

URL Adalah ? Ini Penjelasan Dan Manfaatnya Untuk SEO

Kamu mungkin sudah tahu bahwa URL adalah identik dengan alamat web. URL merupakan sebuah informasi …