Jumat , Mei 24 2024
perangkat jaringan komputer

Perangkat Jaringan Komputer : Pengertian Dan Fungsinya

Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana jaringan dibangun dan bagaimana data mengalir dari satu sistem ke sistem lainnya. Membangun jaringan tidak mungkin tanpa perangkat fisik dan virtual yang terdiri dari infrastruktur jaringan. Perangkat jaringan komputer adalah jawaban untuk semua pertanyaan ini. Jadi, apa itu perangkat jaringan dan apa saja fungsinya juga apa perangkat jaringan yang paling sederhana cara kerjanya ? Nah mari kita bahas lebih jauh dalam artikel kali ini.

Apa Itu Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan adalah perangkat fisik yang memungkinkan perangkat keras pada jaringan komputer untuk berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain. Dalam istilah awam, kita dapat mendeskripsikan bahwa perangkat jaringan bertindak sebagai perangkat yang menghubungkan hardware seperti mesin faks, komputer, printer dan perangkat elektronik lainnya ke jaringan komputer.

Jadi, kamu dapat mentransfer data dengan cepat, aman, dan akurat melalui satu atau beberapa jaringan dengan bantuan perangkat jaringan itu sendiri. Perangkat jaringan komputer membantu dalam menerima dan mengirimkan data HART. Perangkat jaringan juga dikenal sebagai perangkat keras jaringan, ini di artikan sebagai perangkat fisik yang berfungsi untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.

Manfaat Perangkat Jaringan

Ketika ada banyak perangkat dalam jaringan dan terlalu banyak paket data yang dikirim melalui jalur jaringan yang sama. Maka hal ini dapat menyebabkan kemacetan dan penurunan kinerja. Manfaat perangkat jaringan adalah untuk memungkinkan kelancaran komunikasi antara berbagai perangkat keras yang terhubung ke jaringan.

Penambahan perangkat jaringan membantu dalam pembagian sumber daya jaringan antara sistem yang berbeda. Sementara perangkat jaringan komputer seperti hub mengirim data jaringan ke semua perangkat yang terhubung, perangkat jaringan cerdas seperti router tidak hanya memiliki sistem sumber dan tujuan tetap tetapi mereka juga memilih rute yang paling efisien untuk mengirimkan data.

8 Jenis Perangkat Jaringan

Jadi, sekarang kita memiliki pemahaman yang jelas tentang apa itu perangkat jaringan, mari beralih ke jenisnya. Sebagai sebuah jaringan dapat terdiri dari berbagai tipe jaringan, yakni Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN). Ada banyak perangkat jaringan yang berbeda di jaringan komputer. Namun, dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis perangkat jaringan yang paling umum dan yang paling di gunakan saat ini.

1. HUB Network

HUB jaringan adalah repeater multiport yang menghubungkan banyak kabel dari cabang yang berbeda. Ini digunakan untuk mentransfer data penting dan berkomunikasi di antara berbagai host jaringan. Hub mentransfer data sebagai paket melalui jaringan komputer. Ketika pemrosesan data dilakukan dari satu host ke hub jaringan lain, itu akan dikirim ke semua port yang terhubung. Berikut beberapa jenis HUB jaringan :

  • Active HUB

HUB aktif digunakan untuk membersihkan, menambah & mentransfer sinyal menggunakan jaringan pada satu dayanya sendiri. Ini berfungsi sebagai pusat kabel dan repeater. HUB ini memainkan peran utama dalam memperluas jarak antar node.

  • Passive HUB

Hub jaringan pasif merupakan perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk mengumpulkan kabel dari berbagai satu daya dan node dari HUB aktif. Jenis HUB ini mengirimkan sinyal melalui jaringan tanpa memajukan atau membersihkannya.

  • Intelligent HUB

Intelligent network hub seperti hub yang aktif. Ini mencakup kemampuan manajemen jarak jauh dan menawarkan kecepatan data yang fleksibel ke perangkat jaringan. Ini juga memungkinkan akses admin untuk memantau lalu lintas di hub dan mengonfigurasi setiap port di hub.

2. Bridges

Sebuah Bridges beroperasi pada lapisan data link. Bridges adalah pengulang dengan menambahkan fungsi pemfilteran konten dengan membaca alamat MAC dari sumber dan tujuan. Ini juga digunakan untuk menghubungkan dua LAN yang bekerja pada protokol yang sama. Bridges memiliki input tunggal dan port output tunggal, sehingga menjadikannya perangkat 2 port. Ada beberapa jenis Bridges, di antaranya adalah :

  • Transparent Bridges

Ini adalah Bridges di mana stasiun sama sekali tidak menyadari keberadaan jembatan. Yaitu apakah Bridges ditambahkan atau dihapus dari jaringan, konfigurasi ulang stasiun tidak diperlukan. Bridge ini menggunakan dua proses yaitu bridge forwarding dan bridge learning.

  • Source Routing Bridges

Di Bridges ini, operasi routing dilakukan oleh stasiun sumber dan frame menentukan rute mana yang harus diikuti. Tuan rumah dapat menemukan bingkai dengan mengirimkan bingkai khusus yang disebut bingkai penemuan, yang menyebar ke seluruh jaringan menggunakan semua kemungkinan jalur ke tujuan.

3. Modem

Perangkat Jaringan Komputer

Modem adalah perangkat jaringan komputer yang memungkinkan komputer mengirim atau menerima data melalui saluran telepon atau kabel. Data yang disimpan di komputer bersifat digital sedangkan saluran telepon atau kabel hanya dapat mengirimkan data analog. Fungsi utama modem adalah mengubah sinyal digital menjadi analog dan sebaliknya.

Modem adalah kombinasi dari dua perangkat, yakni modulator dan demodulator. Modulator mengubah data digital menjadi data analog ketika data dikirim oleh komputer. Demodulator mengubah sinyal data analog menjadi data digital ketika diterima oleh komputer.

Jenis Modem

Modem dapat dikategorikan dalam beberapa cara seperti arah pengiriman data, jenis koneksi ke saluran transmisi, mode transmisi, dll. Bergantung pada arah transmisi data, modem bisa dibagai menjadi beberapa jenis. Sebagai berikut :

  • Simplex, Modem simpleks dapat mentransfer data hanya dalam satu arah, dari perangkat digital ke jaringan (modulator) atau jaringan ke perangkat digital (demodulator).
  • Half duplex, Modem half  duplex memiliki kapasitas untuk mentransfer data di kedua arah tetapi hanya satu per satu.
  • Full duplex, Modem full dupleks bisa mengirimkan data di kedua arah secara bersamaan.

4. Routers

Perangkat Jaringan Komputer

Router adalah perangkat keras jaringan yang mentransmisikan data dari satu LAN ke LAN lain, yang mendukung set protokol yang sama. Jadi router biasanya terhubung ke setidaknya dua LAN dan penyedia layanan internet (ISP). Ini menerima datanya dalam bentuk paket, yang merupakan bingkai data dengan alamat tujuan ditambahkan. Router juga memperkuat sinyal sebelum mengirimkannya, itu sebabnya disebut juga repeater.

Router membaca tabel perutean untuk memutuskan rute terbaik yang tersedia yang dapat diambil paket untuk mencapai tujuannya dengan cepat dan akurat. Tabel perutean mungkin dari dua jenis, berikut di antaranya :

  • Statis, Dalam tabel perutean statis, rute diberi makan secara manual. Jadi hanya cocok untuk jaringan yang sangat kecil yang memiliki maksimal dua sampai tiga router.
  • Dynamic, Dalam tabel routing dinamis, router berkomunikasi dengan router lain melalui protokol untuk menentukan rute mana yang bebas. Ini cocok untuk jaringan yang lebih besar di mana pengumpanan manual mungkin tidak dapat dilakukan karena sejumlah besar router.

5. Switch Jaringan

Switch adalah bagian sirkuit fisik yang mengontrol aliran sinyal dalam jaringan (sakelar perangkat jaringan). Switch memungkinkan kamu untuk membuka atau menutup koneksi. Saat Switch dibuka, sinyal atau daya dapat melewati sambungan. Saat Switch ditutup aliran dihentikan dan sambungan sirkuit terputus. Switch jaringan jauh lebih canggih daripada hub, tetapi tidak sebaik router. Swich beroperasi pada lapisan Data Link (Lapisan 2) model OSI.

  • Kelebihan Perangkat Jaringan Komputer Switch

– Meningkatkan bandwidth jaringan yang tersedia
– Ini membantu dalam mengurangi beban kerja pada masing-masing PC host
– Meningkatkan kinerja jaringan

  • Kekurangan Perangkat Jaringan Komputer Switch

– Mereka lebih mahal daripada bridge jaringan
– Lalu lintas siaran bisa bermasalah
– Masalah konektivitas jaringan sulit dilacak melalui sakelar jaringan

6. Gateway

Jika mengacu pada jaringan, gateway adalah perangkat jaringan yang berfungsi sebagai titik masuk ke jaringan lain. Router nirkabel misalnya, sering digunakan sebagai gateway default di jaringan rumah. Singkatnya, gateway bertindak sebagai agen pembawa pesan, mengambil data dari satu jaringan, menafsirkannya, dan mentransfernya ke jaringan lain. Beberapa kelebihan perangkat jaringan gateway sebagai berikut :

  • Memungkinkan untuk memperluas jaringan
  • Menangani masalah lalu lintas secara efektif
  • Izin untuk menghubungkan dua jenis jaringan yang berbeda

Gateway juga dikenal sebagai pengonversi protokol, dapat beroperasi pada setiap lapisan model OSI. Namun gateway memiliki kekurangan, setidaknya ada tiga kelemahan utama dari perangkat jaringan gateway. Yang pertama adalah tidak pernah memfilter data, kemudian mahal, serta gateway sulit dikelola dan terjadi konversi protokol, sehingga menghasilkan laju transmisi yang lebih lambat.

7. Repeater

Repeater adalah hardware yang meningkatkan kekuatan sinyal sehingga dapat menempuh jarak yang lebih jauh tanpa kehilangan kualitas. Perangkat ini biasanya digunakan dalam jaringan untuk membantu data mencapai tujuan lebih lanjut. Range extender atau wireless repeater misalnya, ini adalah repeater yang memperluas jangkauan dan kekuatan sinyal Wi-Fi. Repeater efektif di gedung perkantoran, sekolah, dan pabrik di mana satu router nirkabel bisa menjangkau semua area. Repeater beroperasi pada lapisan fisik model OSI (Lapisan 1).

Repeater memiliki bebrapa keuntungan yakni :

  • Mudah diatur dan tidak mahal
  • Repeater tidak memerlukan pemrosesan tambahan apa pun
  • Mereka dapat menghubungkan sinyal dengan berbagai jenis kabel

Namun dibalik keuntungan tersebut terdapat juga kekurangan utama dari perangkat jaringan komputer Repeater ini, yang pertama Repeater tidak dapat menghubungkan jaringan yang berbeda, kedua alat ini tidak dapat membedakan antara sinyal aktual dan kebisingan, terakhir Repeater tidak akan dapat mengurangi lalu lintas jaringan.

8. Access Point

Dalam hal jaringan, Access Point (AP) adalah perangkat jaringan nirkabel yang berfungsi sebagai portal perangkat untuk terhubung ke jaringan area lokal. Access Point dapat memperluas jangkauan nirkabel jaringan yang ada dan menambah jumlah pengguna yang dapat terhubung. Access Point nirkabel (WAP) adalah perangkat yang menggabungkan pemancar dan penerima (transceiver) untuk membentuk LAN nirkabel (WLAN). Titik akses beroperasi pada lapisan Data Link model OSI (Lapisan 2).

Kesimpulan

Bagaimana, sudah paham kan apa saja perangkat jaringan yang ada saat ini. Jika kamu paham tentang peralatan jaringan, maka itu dapat membantu kamu merancang dan membangun jaringan yang aman untuk bisnis kamu. Namun, kamu harus memantau dengan cermat aktivitas di sekitar peralatan jaringan dan sistem kamu untuk memastikan bahwa setiap komponen beroperasi dengan efisiensi puncak.

Keamanan yang kuat juga penting untuk menjaganya tetap aman dari akses yang tidak sah. Perangkat jaringan komputer memiliki beberapa komponen-komponen penting, sebagai berikut :

– Field Interfaces

Field Interfaces terdiri dari pengontrol yang dapat diprogram dan perangkat lapangan seperti sensor dan aktuator. Field Interfaces menetapkan komunikasi antara dua komponen ini. Komunikasi semacam itu diperlukan untuk kontrol waktu nyata dan otomatisasi berbagai pengontrol dan stasiun visualisasi.

– Management Interfaces

Antarmuka manajemen adalah antarmuka jaringan yang didedikasikan terutama untuk konfigurasi dan operasi manajemen jaringan. Mereka biasanya terhubung ke jaringan manajemen pita khusus seperti VPN atau jaringan fisik lainnya.

– Network Management Architecture

Arsitektur manajemen jaringan diperlukan untuk membangun sistem jaringan yang efisien dan berfungsi dengan baik. Ini terdiri dari beberapa komponen, termasuk Network Change and Configuration Management (NCCM) dan Event Collection and Management System (ECMS).

FAQ : Tentang Perangkat Jaringan Komputer

Di akhir artikel xabiamedia.com merangkum beberapa pertanyaan yang sering sekali di tanyakan oleh beberapa pembaca. Nah berikut pertanyaan dan jawaban yang mungkin bisa bermanfaat untuk kamu, sbb :

Apa saja dasar-dasar jaringan komputer ?

Hal-hal penting dari setiap sistem jaringan adalah router, Access Point (AP) dan Switch. Perangkat ini membantu jaringan membangun komunikasi di dalam jaringan atau di luar jaringan.

Apa tiga komponen utama jaringan ?

Setiap jaringan memiliki tiga komponen utama: Koneksi Fisik, Komponen Aplikasi, dan Sistem Operasi Jaringan.

Apa fungsi router di jaringan komputer ?

Router adalah perangkat jaringan yang menerima, menganalisis, dan meneruskan konektivitas internet di antara perangkat yang terhubung. Ini beroperasi pada lapisan jaringan model OSI. Ketika paket data tiba, router memeriksa alamat tujuan dan kemudian berkonsultasi dengan tabel perutean untuk menentukan rute optimal untuk mentransfer paket.

Sebutkan 3 contoh jaringan komputer ?

Tiga contoh jaringan komputer melibatkan Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN).

Apa jenis jaringan komputer yang paling umum ?

Salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah LAN.

Check Also

URL Adalah

URL Adalah ? Ini Penjelasan Dan Manfaatnya Untuk SEO

Kamu mungkin sudah tahu bahwa URL adalah identik dengan alamat web. URL merupakan sebuah informasi …