Kamis , Februari 22 2024
Perangkat Jaringan Yang Paling Sederhana Cara Kerjanya

Perangkat Jaringan Yang Paling Sederhana Cara Kerjanya

Pada artikel ini, xabiamedia.com akan membahas perangkat jaringan yang paling sederhana cara kerjanya. Dalam sebuah jaringan komputer, fungsi perangkat jaringan komputer sangat vital. Karena perangkat tersebut menjadi penghubung antara satu dengan yang lainnya. Setiap perangkat jaringan memiliki fungsi dan peranya masing-masing, karena itu mereka tidak dapat dipisahkan.

Agar kalian bisa paham, mari kita ulas dengan contoh soal.

Contoh soalnya seperti ini, apa itu perangkat jaringan yang paling sederhana cara kerjanya ? Menurut wikipedia bahasa indonesia perangkat HUB adalah salah satu hardware jaringan komputer yang paling sederhana cara kerjanya. Untuk itu mari kita bahas lebih jauh, cara kerja HUB, Fitur dasar perangkat jaringan HUB dan apa saja jenis HUB yang ada saat ini. Check this out !!

Pengertian HUB

HUB adalah perangkat jaringan paling dasar yang menghubungkan banyak komputer atau perangkat jaringan lainnya. Tidak seperti switch atau router jaringan, HUB jaringan tidak memiliki tabel perutean atau kecerdasan di mana mengirim informasi dan menyiarkan semua data jaringan di setiap koneksi. Sebagian besar HUB dapat mendeteksi kesalahan jaringan dasar, seperti tabrakan. Tetapi semua informasi tersebut dibagikan ke beberapa port, ini menjadi risiko keamanan dan menyebabkan kemacetan.

HUB jaringan paling cocok untuk lingkungan jaringan area lokal (LAN) yang kecil dan sederhana. HUB tidak dapat menyediakan kemampuan perutean atau layanan jaringan lanjutan lainnya. Karena mereka beroperasi dengan meneruskan paket ke semua port tanpa pandang bulu. Saat ini, hub jauh lebih jarang digunakan. Tetapi hub jaringan memiliki beberapa kegunaan khusus dan terus menawarkan sarana jaringan yang sederhana.

Contoh HUB

Di pengelola perangkat jaringan, HUB root adalah komputer dan HUB USB yang pertama. Contoh lain dari HUB adalah FireWire, yang memungkinkan beberapa perangkat FireWire terhubung ke komputer. Perangkat seperti kotak A/B dan KVM memungkinkan beberapa perangkat bekerja dengan satu komputer. Namun, ini adalah teknologi yang berbeda dengan kemampuan yang berbeda.

Bagaimana Cara Kerja HUB

Perangkat Jaringan Yang Paling Sederhana Cara Kerjanya

HUB jaringan dikategorikan sebagai perangkat Layer 1 dalam model referensi Open System Interconnection (OSI). Mereka menghubungkan banyak komputer bersama-sama, mengirimkan data yang diterima di satu port ke semua port lainnya tanpa batasan. HUB beroperasi dalam setengah dupleks, model ini menimbulkan masalah keamanan dan privasi, karena lalu lintas tidak dapat dijaga atau dikarantina.

Ini juga menyajikan masalah praktis dalam hal manajemen lalu lintas. Jadi, ketika dua perangkat yang terhubung ke HUB jaringan mengirimkan data secara bersamaan, paket akan bertabrakan, menyebabkan masalah kinerja jaringan. Ini dimitigasi di switch atau router, karena setiap port mewakili domain tabrakan yang terpisah. So perangkat jaringan yang paling sederhana cara kerjanya adalah perangkat jaringan komputer HUB.

Fitur Dasar Jaringan HUB

HUB berfungsi seperti kabel listrik, ia menerima sinyal data dari satu perangkat di satu portnya dan meneruskannya ke semua port lain, kecuali port sumber. Itu tidak memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi bingkai apa pun untuk mengetahui ke mana ia harus meneruskan, karena ia tidak memelihara tabel apa pun seperti sakelar. Jadi ada banyak lalu lintas di jaringan dan kinerja jaringan juga sangat buruk.

Hanya satu perangkat yang mentransmisikan informasi pada waktu tertentu. Nah, berikut ini adalah beberapa fitur dasar jari HUB network, diantaranya :

1. Always Broadcast

HUB selalu menyiarkan data, komputer apa pun yang akan terhubung dengan hub, itu akan menyiarkan data ke semua komputer tersebut.

2. Half-duplex Communication

HUB hanya dapat berkomunikasi dalam mode half-duplex. Hanya satu komputer yang dapat mengirimkan data pada waktu tertentu, jika komputer lain ingin mengirimkan data, maka harus menunggu.

3. Single Collision Domain

HUB bekerja pada satu domain tabrakan berarti Dua PC tidak dapat mengirim data pada saat yang sama jika mereka mengirim data pada saat yang sama, paket akan bertabrakan satu sama lain dan paket tersebut hancur.

4. Local Jaringan

Jaringan HUB hanya digunakan di jaringan lokal, artinya Anda dapat menggunakan jaringan ini di rumah atau di departemen kecil, dll. Jaringan HUB ini tidak dapat digunakan di jaringan yang lebih besar.

5. Tidak Dapat Menyimpan MAC

Ini bukan perangkat cerdas, Jadi HUB tidak dapat menyimpan alamat MAC komputer. Karena HUB tidak memelihara informasi dari data jaringan apa pun. Itulah mengapa perangkat jaringan yang paling sederhana cara kerjanya adalah perangkat jaringan komputer bernama HUB itu sendiri.

Jenis – Jenis HUB

Meskipun sebagian besar hub dapat mengenali masalah atau kesalahan jaringan seperti tabrakan. HUB jaringan sangat populer di masa lalu karena harganya lebih murah dibandingkan dengan switch atau router. Saat ini, switch jauh lebih murah daripada HUB dan memberikan solusi yang lebih baik untuk jaringan apa pun. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis HUB yang ada hingga saat ini, yang di lansir dari bacaberita.com :

  • Passive Hub

HUB pasif adalah titik koneksi untuk kabel yang membantu membuat jaringan fisik. Itu mampu menentukan bug dan perangkat keras yang rusak. Sederhananya, ia menerima paket melalui port dan mengedarkannya ke semua port. Ini termasuk konektor (port 10base-2 dan RJ-45) yang dapat diterapkan sebagai standar di jaringan Anda. Konektor ini terhubung ke semua perangkat jaringan area lokal (LAN). Selain itu, Passive HUB lanjutan memiliki port AUI, yang dihubungkan sebagai transceiver sesuai dengan desain jaringan.

  • Active Hub

Dibandingkan dengan Passive HUB, Active HUB ini menyertakan beberapa fitur tambahan. Yakni, bisa memantau data yang dikirim ke perangkat yang terhubung. Ini memainkan peran penting antara perangkat yang terhubung dengan bantuan teknologi penyimpanan, di mana ia memeriksa data yang akan dikirim dan memutuskan paket mana yang akan dikirim terlebih dahulu. Active HUB memiliki kemampuan untuk memperbaiki paket yang rusak saat paket dikirim.

Dan juga mampu menahan arah sisa paket dan mendistribusikannya. Jika sebuah port menerima sinyal lemah, tetapi masih dapat dibaca, maka Active HUB merekonstruksi sinyal lemah tersebut menjadi sinyal yang lebih kuat sebelum mengirimkannya ke port lain. Itu dapat meningkatkan sinyal jika ada perangkat penghubung yang tidak berfungsi di jaringan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membuat kontinuitas layanan di LAN.

  • Intelligent HUB

Ini sedikit lebih pintar daripada HUB pasif dan aktif. Intelligent HUB ini memiliki beberapa jenis perangkat lunak manajemen yang membantu menganalisis masalah di jaringan dan menyelesaikannya. Ini bermanfaat untuk mengeluarkan bisnis dalam jaringan. Manajemen dapat menugaskan pengguna yang membantu bekerja lebih cepat dan berbagi kumpulan umum secara efisien dengan menggunakan hub cerdas.

Namun, ini menawarkan kinerja yang lebih baik untuk jaringan area lokal. Selain itu, dengan perangkat fisik apa pun, jika ada masalah yang terdeteksi, ia dapat mendeteksi masalah ini dengan mudah. Penggunaan kata HUB yang tidak terkait melibatkan topologi jaringan. Dalam topologi bintang, terkadang disebut hub dan spoke, setiap host terhubung ke hub pusat host.

Kesimpulan

Secara umum, HUB mengacu pada perangkat keras yang memungkinkan beberapa perangkat atau koneksi untuk terhubung ke komputer. Contohnya adalah hub USB, yang memungkinkan beberapa perangkat USB terhubung ke satu komputer, meskipun komputer tersebut mungkin hanya memiliki sedikit koneksi USB.

Q n A : Tentang Perangkat Jaringan Yang Paling Sederhana Cara Kerjanya

Nah di penghujung artikel, admin telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering muncul. Berikut di antaranya :

Apakah hub memiliki alamat IP ?

Tidak. HUB adalah perangkat dasar jaringan komputer dan tidak memerlukan alamat IP.

Berapa banyak port yang dimiliki HUB jaringan ?

Jumlah port pada HUB jaringan dapat bervariasi dari 4 hingga 100 port tergantung pada harga yang di tawarkan.

Mengapa HUB adalah perangkat lapisan fisik ?

HUB digunakan dalam lapisan fisik karena ini bukan perangkat cerdas, tidak memelihara tabel apa pun seperti switch. Ini berfungsi seperti kabel (atau konektor), itu hanya meneruskan data secara langsung ke semua perangkat yang terhubung seperti kabel. Dua perangkat tidak dapat mengirim data pada saat yang sama jika mereka mencoba, paket akan bertabrakan satu sama lain.

Check Also

URL Adalah

URL Adalah ? Ini Penjelasan Dan Manfaatnya Untuk SEO

Kamu mungkin sudah tahu bahwa URL adalah identik dengan alamat web. URL merupakan sebuah informasi …