Kamis , Juni 13 2024
salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai

Salah Satu Tipe Jaringan Komputer Yang Umum Dijumpai

Jaringan internet sekarang ini telah menjelma dan menjadi salah satu kunci komunikasi apa pun untuk menghubungkan komputer di dalam gedung atau sekelompok kecil gedung. Nah, pada kesempatan kali ini mari kita bahas salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai dan paling banyak di gunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya.

Xabiamedia akan mencoba menjelaskan melalui contoh soal berikut :

Apa salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai saat ini ? Menurut data yang di himpun dari website jawaloker.com jawabannya adalah jaringan LAN. Lokal area network merupakan jenis jaringan komputer yang paling banyak di gunakan. Karena LAN bisa dikonfigurasi sebagai :

  1. Sebuah bus, ini menandakan bahwa LAN merupakan sebuah saluran utama dimana node atau saluran sekunder terhubung dalam struktur percabangan.
  2. Cincin, jadi jaringan komputer LAN merupakan sebuah komputer yang terhubung ke dua komputer tetangga untuk membentuk sirkuit tertutup.
  3. Bintang, Lan bertindak sebagai komputer yang terhubung langsung ke komputer pusat dan bisa berkomunikasi langsung satu sama lain. Masing-masing memiliki keunggulan, meskipun konfigurasi bus menjadi yang paling umum.

Pengertian LAN ( Local Area Network )

LAN adalah singkatan dari jaringan area lokal. Jaringan adalah sekelompok dua atau lebih komputer yang terhubung, dan LAN adalah jaringan yang terdapat dalam area geografis kecil. Jaringan WiFi rumah dan jaringan usaha kecil adalah contoh umum dari LAN. Jaringan LAN juga bisa cukup besar, atau dalam pengembangannya di sebut jaringan area luas (WAN) atau jaringan area metropolitan (MAN).

LAN terdiri dari kabel, titik akses, sakelar router dan komponen lain yang memungkinkan perangkat terhubung ke server internal, server web, dan LAN lainnya melalui jaringan area luas. Munculnya virtualisasi juga memicu pengembangan LAN virtual, yang memungkinkan administrator jaringan untuk secara logis mengelompokkan node jaringan.

Dan mempartisi jaringan mereka tanpa memerlukan perubahan infrastruktur besar. Misalnya, di kantor dengan banyak departemen, seperti akuntansi, dukungan TI, dan administrasi, komputer masing-masing departemen dapat dihubungkan secara logis ke sakelar yang sama tetapi tersegmentasi agar berperilaku seolah-olah terpisah.

Jenis Jaringan LAN

salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai

Jaringan area lokal dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis perangkat yang terhubung, desain arsitektur yang mendasarinya, dan media yang digunakan. Ada juga pasar LAN baru yang berasal dari era cloud, secara data LAN merupakan salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai dan banyak digunakan saat ini.

Nah berikut ini adalah beberapa jenis jaringan LAn, diantaranya adalah :

1. Client-server LAN

Dalam lingkungan LAN client-server, satu server terhubung ke beberapa perangkat yang dikenal sebagai klien. Perangkat klien tidak dapat berinteraksi satu sama lain dan mesin terpusat menangani aktivitas, seperti manajemen lalu lintas jaringan, kontrol akses jaringan, dll. Jenis LAN ini mungkin lebih cepat dalam batas kecil, tetapi dalam batas besar, ini memberi terlalu banyak tekanan pada server pusat.

2. Peer to peer (P2P) LAN

Dalam LAN P2P, tidak ada server terpusat, dan semua perangkat yang terhubung memiliki akses satu sama lain, terlepas dari apakah itu server atau klien. Keuntungan dari LAN P2P adalah perangkat dapat dengan bebas bertukar data satu sama lain, membuatnya lebih mudah untuk mengalirkan media, mengirim file, dan melakukan aktivitas pertukaran data serupa. Sisi negatifnya, mereka cenderung kurang kuat dibandingkan LAN client-server.

3. Token Ring LAN

Berdasarkan desain arsitekturnya, kamu dapat mengklasifikasikan LAN ke dalam kategori token ring atau token bus. Yang pertama, semua perangkat diatur dalam sebuah cincin saat terhubung. Token diberikan ke setiap perangkat yang terhubung berdasarkan persyaratannya. Itu diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1984 untuk digunakan di lingkungan perusahaan, ketika teknologi ethernet masih dalam tahap awal pengembangan.

4. Token Bus LAN

Dalam LAN bus token, node yang terhubung diatur dalam topologi seperti pohon, dan token ditransfer ke kiri atau ke kanan. Biasanya, ini memberikan kapasitas bandwidth yang lebih baik daripada lingkungan LAN token ring. Token BUS ini juga menjadi salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai pada awal tahun 2000 silam.

5. Wired LAN

Wired LAN mungkin merupakan jenis LAN yang paling umum digunakan saat ini. Ini menggunakan gelombang elektronik untuk mentransfer data melintasi serat optik (atau varian kabel) alih-alih token. LAN berkabel sangat andal dan bisa sangat cepat, bergantung pada kinerja server pusat. Namun, ini dapat menghambat portabilitas dan fleksibilitas, khususnya di lingkungan tanpa jumlah perangkat tetap.

6. Wireless LAN

LAN nirkabel umumnya digunakan di lingkungan rumah untuk menghubungkan perangkat komputasi. Tetapi ada juga perusahaan besar yang menggunakan Wireless LAN, menurut data pengguna Wireless LAN tumbuh sebesar 10% dari tahun sebelumnya sesuai data dari IDC. Namun, jenis LAN ini menggunakan frekuensi radio untuk transfer data, yang membuatnya rentan terhadap risiko keamanan. Ini juga boros baterai dan dapat menunjukkan kinerja yang berfluktuasi tergantung di mana perangkat nirkabel berada.

7. Cloud Managed LAN

LAN cloud adalah jenis LAN nirkabel khusus di mana platform cloud terpusat digunakan untuk mengelola penyediaan jaringan, penegakan kebijakan, kontrol akses, dan aspek lain dari kinerja dan keamanan jaringan. Dalam lingkungan jaringan yang heterogen, LAN yang dikelola cloud menyederhanakan tata kelola, menjadikannya cocok untuk penggunaan perusahaan.

Komponen Utama LAN

Sekarang kita tahu apa itu jaringan area lokal dan berbagai jenisnya, mari kita jelajahi berbagai komponen arsitektur yang membentuk lingkungan LAN rata-rata Anda.

  • Internet Publik

Internet publik adalah apa yang diakses melalui LAN. Biasanya, server terpusat menerima paket data dari internet publik dan permintaan akses dari perangkat klien. Ini kemudian menjawab permintaan ini dengan mengaktifkan transfer data ke berbagai node yang terhubung melalui media kabel atau nirkabel. Secara teknis, salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah jaringan internet. Misalnya, untuk pertukaran data pribadi atau kasus penggunaan hosting intranet pribadi.

  • Perangkat Pengguna

Lingkungan LAN rata-rata akan memiliki campuran perangkat kabel dan nirkabel. Ingatlah bahwa kita berbicara end user di sini, seperti laptop, desktop, televisi pintar, monitor pintar, perangkat keras kolaborasi, sistem ruang rapat, dan sejenisnya. Perangkat ini akan memiliki port ethernet dan biasanya menikmati konektivitas internet berkecepatan tinggi, streaming media berkualitas tinggi, dan pemrosesan cepat.

  • Mobile End-user Devices

Ini merujuk ke perangkat yang Anda sambungkan menggunakan Wi-Fi, bukan kabel ethernet. Perlu diingat bahwa perangkat yang sama dapat digandakan sebagai varian kabel atau seluler. Misalnya, Anda dapat menyambungkan laptop ke LAN menggunakan port ethernet pada perangkat atau melalui Wi-Fi, tergantung lokasi perangkat dan kinerja yang Anda perlukan.

  • Server Terpusat

Server terpusat mungkin merupakan komponen paling penting dalam lingkungan LAN, khususnya untuk implementasi perusahaan. Perusahaan dapat membeli atau menyewa server dari vendor seperti IBM, Cisco, HPE, dll. Anda juga dapat memperoleh server LAN dari operator telekomunikasi lokal Anda. Atau, Anda dapat memilih untuk menyambungkan semua perangkat Anda ke satu atau lebih modem yang pada gilirannya tersambung ke server yang terletak di lokasi berbeda.

  • Switch Jaringan

Switch jaringan juga menjadi komponen penting dari jaringan area lokal. Ini mengatur bagaimana paket data dan sumber daya jaringan dialokasikan antara perangkat yang terhubung ke server terpusat. Anda dapat menyambungkan beberapa kabel ethernet ke switch jaringan multi-port. Switch LAN juga menjadi salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai, karena kinerjanya yang dioptimalkan untuk setiap perangkat pengguna.

  • Router Wi-Fi

Router Wi-Fi sekarang menjadi komponen pokok jaringan area lokal karena implementasi LAN nirkabel tidak mungkin dilakukan tanpanya. Router terhubung ke modem Anda sehingga dapat menerima sinyal jaringan, dan mengubahnya menjadi sinyal nirkabel yang dapat diproses oleh perangkat pengguna. Dalam beberapa tahun terakhir, menggabungkan router Wi-Fi ke modem menjadi hal yang umum, karena jaringan khusus kabel sekarang semakin jarang.

  • Modem

Modem adalah komponen yang sangat diperlukan untuk jaringan area lokal karena inilah yang mengubah sinyal analog yang dikirimkan melalui kabel dan kabel menjadi format digital. Modem tradisional adalah perangkat mandiri di mana Anda dapat mencolokkan uplink masuk di satu ujung dan kabel keluar di ujung lainnya. Namun, ada beberapa alternatif modern untuk pendekatan ini. Anda dapat membeli perangkat modem + router yang mengubah sinyal analog menjadi digital dan mempersiapkan transmisi nirkabel.

  • Alat Firewall

Firewall melindungi perangkat dan server pengguna dari serangan keamanan terkait jaringan, dengan membatasi jenis lalu lintas tertentu. Saat ini, sebagian besar perangkat pengguna dilengkapi dengan perangkat lunak firewall bawaan, dan Anda juga dapat mengunduh perangkat lunak tambahan dari internet. Beberapa sistem router yang lebih canggih yang tersedia di pasaran juga menyertakan kemampuan firewall.

Kesimpulan

Infrastruktur LAN yang kuat dapat memberi kamu konektivitas yang andal dan mendukung proses bisnis. Untuk mencapai ini, perusahaan harus mengingat elemen kunci berikut :

  • LAN membantu menghubungkan perangkat dalam radius 1 kilometer berkabel atau radius 100 meter nirkabel.
  • Jaringan LAN memiliki tujuh komponen esensial dan satu opsional untuk fungsionalitas dan keamanan yang optimal.
  • Kamu bisa memastikan implementasi LAN lebih mudah dari yang di bayangkan
  • LAN terus menjadi ruang teknologi yang dinamis, dengan pengenalan AI dan cloud. Dan selalu menjadi salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai, meskipun terdapat persaingan pasar yang sangat tinggi.

Dengan memperhatikan arsitektur LAN, pengguna dengan lingkungan jaringan skala apa pun ( Konsumen, UKM, atau Perusahaan ) dapat meningkatkan kinerja, menghemat biaya, dan meminimalkan risiko keamanan. Bayangkan LAN sebagai jaringan kecil, yang terhubung ke jaringan yang jauh lebih besar, yang terhubung ke jaringan lain yang sangat besar, yang semuanya berisi LAN. Demikian yang bisa admin ulas mengenai jenis jaringan komputer khususnya LAN, semoga bermanfaat!

Check Also

URL Adalah

URL Adalah ? Ini Penjelasan Dan Manfaatnya Untuk SEO

Kamu mungkin sudah tahu bahwa URL adalah identik dengan alamat web. URL merupakan sebuah informasi …